Saturday 2 March 2013

Pengambilan Sumpah Dokter Hewan

Seperti yang udah gw bilang di post sebelumnya, semua yang terlewat bakal dibahas satu2. Yang pertama yaitu detik2 gw menjadi dokter hewan.


Ujian Akhir / Ujian Komprehensif

Hari terakhir Ujian Komprehensif, manusia2 cuci gudang ƪ(✖╭╮✖)ʃ

Dosen yang menguji gw pada ujian kompre 10 Agustus 2012 yaitu:

Ujian berlangsung lumayan seru, karena tidak hanya pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan, tapi juga pesan-pesan yang diberikan oleh semua dosen penguji. Karena begitu sudah dinyatakan lulus dan keluar dari ruangan ujian, kita adalah tanggung jawab diri kita sendiri. Dosen-dosen sudah tidak punya hak apapun mengatur kita, karena sekarang secara profesi kedudukan kita sama. Terharu juga denger petuahnya ಥ_ಥ

<3 senengnya ada yang nemenin ujian <3


Farewell Party
Setelah semuanya selesai ujian kompre, barulah diadain yang namanya Farewell Party. Pesta perpisahan lah, namanya udah 5 tahun bareng masa mau pergi gitu aja. Acara ini berlangsung dengan dana swadaya dan juga danus jor-joran ke mana-mana. Dilakuin di FKH-A, acaranya sukses abis (`ー´)

Ketuanya jebolan SNSD (Sini Nangis Sana Duka) drh. Jeanne Novi Tandria

Op kors ane ngga dateng sendiri,, hueheuhehuhee

Mungkin karena Farewell Party yang sukses, adek kelas banyak yang pengen buru2 bikin farewell party *eh*

Pengambilan Sumpah Dokter Hewan
Sampailah di akhir perjuangan sebagai mahasiswa kedokteran hewan, yaitu pengambilan sumpah dokter hewan. Karena profesi dokter hewan adalah profesi yang berkaitan dengan nyawa, maka adanya sumpah akan mengikat secara moral terhadap kewajiban dari dokter hewan itu sendiri. Diadaptasi dari sumpah Hippocrates, sekarang sumpahnya sudah disesuaikan dengan kultur Indonesia (masa mau ikut-ikutan sumpah ke Apollo juga -_-). Berikut isi sumpahnya: 

  • Akan mengabdikan diri saya, ilmu pengetahuan dan keterampilan yang saya miliki kepada perbaikan mutu, peringanan penderitaan serta perlindungan hewan demi kesejahteraan masyarakat
  • Akan menggunakan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang saya miliki berlandaskan perikemanusiaan dan kasih sayang kepada hewan
  • Akan memberikan pertimbangan utama untuk kesembuhan, kesehatan dan kesejahteraan pasien saya, kepentingan tertinggi klien dengan mempertaruhkan kehormatan profesi dan diri saya
  • Akan selalu menjunjung tinggi kehormatan dan tradisi luhur profesi Kedokteran Hewan dengan memegang teguh Kode Etik Profesi saya
Dengan diterimanya diri saya masuk profesi kedokteran hewan, saya bersumpah
Sumpah ini saya ucapkan dihadapan Tuhan Yang Maha Esa

Beuh, berat kan sumpahnya. Pastinya, karena tanggung jawab yang dipikul juga tidak kalah berat. Semoga dengan diucapkannya sumpah ini, membuat kita menjadi dokter hewan seutuhnya.

IICC, September 2012

No comments:

Post a Comment